Inne's Blog

MEREBUT KEMBALI KEJAYAAN ISLAM

Lilin, Jadi Barang Mewah di Jalur Gaza Januari 5, 2009

Filed under: Dunia Islam — adeinne @ 8:37 am
Tags: ,

Blokade total Israel di wilayah Gaza menyebabkan bencana kemanusiaan bagi warga Palestina di wilayah itu. Ketiadaan listrik membuat anak-anak sekolah di Gaza terpaksa belajar dalam gelap untuk menghadapi ujian tengah semester.

“Saya belajar hanya dengan sinar lilin yang membuat mata saya pedih. Pagi hari ketika saya bangun, kepala saya terasa pusing, tapi saya tetap harus berangkat sekolah,” kata Hend, seorang pelajar di Jalur Gaza.

Di rumah Khaled Abdu, warga Gaza lainnya, sinar lilin menjadi barang yang mewah dan setiap mereka menanyakan lilin di warung-warung selalu dijawab lilinnya sudah habis terjual. “Saya pun pulang dengan tangan kosong. Anak-anak saya akhirnya tidur dalam gelap,” ujar Abdu.

Kepala Perusahaan Distribusi Listrik di Gaza, Saheel Sakik mengatakan bahwa bencana sudah merembet ke seluruh aspek kehidupan warga Palestina di wilayah itu. Rumah-rumah sakit tidak bisa beroperasi karena ketiadaan energi listrik dan obat-obatan.

Pemerintahan Hamas hari Minggu kemarin menyatakan, para pasien di Rumah Sakit Al-Shifa dan Rumah Sakit Eropa di Gaza-dua rumah sakit terbesat di wilayah itu-terancam meninggal dunia karena dua rumah sakit itu akan tutup karena tidak ada lagi pasokan energi listrik.

“Kehidupan kami lumpuh,” imbuh Abu Ra’ed Ragab.

Warga Gaza bahkan tidak lagi mendapatkan akses air bersih, karena mesin pompa mereka tidak bisa menyala tanpa listrik. Para orang tua hanya bisa menahan kepedihan hati mendengar anak-anak mereka menangis minta minum atau makan. Para orang tua itu tak berdaya menghentikan tangis anak-anak mereka.

Kepala Asosiasi Pabrik Roti di Jalur Gaza, Abdul-Nasser Al-Ajrami juga mengatakan bahwa mereka sudah mulai kesulitan mendapatkan bahan pembuat roti. Akibatnya, sejak pekan kemarin, para pengusaha roti terpaksa mengolah bahan gandum berkualitas rendah yang biasa digunakan untuk makanan burung atau unggas.

“Setiap menit situasinya makin memburuk,” ujar Al-Ajrami.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s