Inne's Blog

MEREBUT KEMBALI KEJAYAAN ISLAM

MASAKAN KHAS CIREBON Desember 11, 2008

EMPAL GENTONG CIREBON

https://i1.wp.com/img135.imageshack.us/img135/6946/empalgentongqk7.png

Kalau pulang kampung ke Cirebon, pasti nyari masakan yang satu ini, tapi sayang walau spanduk jualannya udah bilang empal daging tapi tetap aja dicampur dg jeroan, ya  udah bikin aja sendiri en dijamin puas, en kebetulan tante saya berbaik hati   ngasih resepnya, thank you tante…

Bahan :

1 kg daging sapi

1 butir kelapa diparut, ambil santannya 1 liter

Bumbu yang dihaluskan:

10 butir bawang merah – 6 siung bawang putih- 5 cm kunyit-5 cm jahe-  1sendok teh ketumbar  sangrai-1/2 sendok teh lada -5 butir kemiri sangrai

Bumbu tambahan:

10 cm Laos digeprek, 1 batang sereh digeprek, 10 lembar daun jeruk

Bila tidak ada bumbu kering khusus empal gentong (hanya ada di pasar Cirebon) tambahkan 1 btg kayu manis, 10 butir cengkeh, kapulaga

Pelengkap:

Lontong

Cabe kering bubuk

Bawang goreng

Daun bawang iris

Kerupuk udang

Acar ( 2 bh timun potong kecil, 2 bh waortel potong dadu, cabe rawit, garam1/2 sdt, gula 2 sdm, cuka 1 sdm)

Cara membuat:

1. Daging direbus sampai agak empuk.

2. Tumis bumbu halus sampai wangi, masukkan ke rebusan daging tambahkan garam secukupnya. Ambil dagingnya lalu potong-potong dadu sesuai keinginan. Masak hingga bumbu meresap,  masukkan santan. Aduk-aduk.  Masak hingga daging empuk.

3. Potong-potong lontong, taruh di piring saji, tuang empal gentong yang sudah pas rasanya, beri irisan daun bawang, dan bawang goreng. Tambahkan cabe bubuk bila suka. Makan bersama acar dan kerupuk ehmm nyammii…

SAMBAL GORENG CIREBON

Resep ini orisinil dari tante Komala yang emang jago masakan Cirebon, thank you tante…

Bahan:

1 kg daging, rebus sampai 1/2 empuk potong dadu, goreng 1/2 kering

1 kg cabe merah besar, keluarkan biji, iris halus serong

santan dari 1 butir kelapa

kecap, garam, gula, penyedap (bila suka)

Bumbu :

5 butir kemiri, 6 butir bawang merah, 5 siung bawang putih, cabe giling 1 ons, dihaluskan

Laos, daun salam 3 lbr, sereh 1 btg dikeprek

Caranya:

1. Cabe merah iris, digoreng agak layu, uwer-uwer gula sedikit, aduk-aduk, diuwer-uwer gula sedikit, goreng lagi sampai warna merah yg diinginkan. Angkat dan sisihkan.

2, Tumis bumbu sampai wangi, masukkan daging, beri santan masak hingga empuk, beri garam, gula sedikit dan penyedap (bila suka).

3. Bila air sudah sedikit , masukan kecap, cabe goreng, angkat.

NASI LENGKO

Resep ini juga dari tante, kata beliau kuncinya dibumbu agar sedap, cocok untuk food combining, apalagi bila sedang tanggung bulan…

Bahan:

Nasi

Tahu 1 buah, rendam sebentar dg air garam,  digoreng utuh 1/2 matang, potong dadu

Tempe 1 buah, rendam sebentar dg air garam, potong dadu, goreng.

Bawang goreng

Kucai, potong kecil

Toge pendek, cuci bersih

Kerupuk

Bumbu:

5 siung bawang putih dibakar, 3-5 butir cabe rawit, kecap secukupnya

Caranya:

1. Bumbu dihaluskan, campur dg kecap, aduk rata.

2. Nasi diberi tahu, tempe, toge, kucai, siram dg bumbu dan bawang goreng. Sajikan.

BLEKUTAK

Almarhumah mertua saya pernah protes karena masak cumi dengan tintanya, tapi itulah blekutak, masakan khas cirebon yang item butek, tapi sedap banget.

Bahan:

1/2 kg cumi bulat, cumi biasa yg segar, cuci bersih

Bumbu:

4 bawang merah iris, 3 siung bwg putig iris, 3 bh cabe ijo iris, 2 buah tomat ijo potong 4, salam, laos, garam, gula, penyedap (bila suka).

Caranya:

1. Tumis bawang, cabe, salam, laos, sampai wangi, masukkan cumi, beri air sedikit.

2. Tambahkan garam, sedikit gula dan penyedap, tomat ijo, masak sampai air agak kering dan cumi lunak. Angkat. Satukan dengan nasi jamblang.

NASI JAMBLANG

Nasi jamblang bedanya cuma di sambalnya dan dibungkus daun jati, lauknya bisa apa aja, blekutak, ikan asin jambal, sambal goreng, oseng ampas kecap, perkedel, dll

Sambal :

250 gr cabe merah besar, dibuang biji, diiris halus

Caranya:

1. Cabe ditumis, beri garam, gula sedikit, angkat bila sudah layu.

2. Sajikan nasi dengan sambal serta lauk dan dibungkus dengan daun jati (bila ada)

OSENG AMPAS KECAP

Oseng ini khas cirebon banget, memanfaatkan ampas kecap yang proteinnya tinggi.

Bahan:

250 gr ampas kecap, cuci bersih, sisihkan

3 butir bawang merah, 2 siung bawang putih, cabe ijo, cabe merah diiris, salam, laos, gula sedikit, penyedap

Caranya:

1. Bawang, cabe, laos, salam, ditumis sampai harum, masukkan ampas kecap.

2. Masukkan gula, penyedap, masak hingga agak kering (JANGAN diberi GARAM, karena ampas kecap udah asin).




 

4 Responses to “MASAKAN KHAS CIREBON”

  1. swara Says:

    Tertarik ama Cirebon Ne?…selain empal gentong, banyak yang menarik lainnya loh…..

  2. wirda h Says:

    belum terlambat utk ikutan kan ummi faiz???

  3. Iffah Says:

    next time aq pengen praktekin .


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s