Inne's Blog

MEREBUT KEMBALI KEJAYAAN ISLAM

KUMPULAN RESEP MAMAH November 13, 2008

Resep ini emang orisinil dari mamah, tapi juga sudah saya modifikasi agar lebih enakk.

KARAMEL CAKE

Kue ini enak sekali, seperti sarang semut, kuncinya adalah dari karamelnya, bila kental, insya Allah akan bolong-bolong…

Bahan:

500 gr gula

2 gelas air

100 gr mentega dan ½ kaleng susu kental manis dikocok lembut

500 gr telur

300 gr terigu+ 1sdt bumbu spekuk + 2 sdt soda kue + 1 sdt baking powder campur dan diayak.

50 gr keju, parut/ 50 gr almond

Caranya:

  1. Gula dimasak sampai kecoklatan dan umer, baru masukkan air, masak hingga larut dan agak mengental. Dinginkan.
  2. Kocok telur hingga lepas agak mengembang, tidak usah pake mixer, masukkan mentega campu, aduk rata, selang seling masukkan terigu dan caramel sedikit-sedikit hingga tercampur rata.
  3. Oles loyang dengan agak banyak mentega, biar mudah lepas, lalu beri sedikit terigu. Masukkan adonan, panggang hingga ½ matang, keluarkan, beri parutan keju/almond, panggang lagi hingga matang.

MYSTERIUM FRUIT CAKE

Mama suka kue ini dibanding cake lain…Bila ada sisa koktail , jangan dibuang, bikin kue ini saja, rasanya enak karena ada rasa koktail yang asam manis. Tapi kalo tak ada koktail bisa diganti buah kering.

Bahan A:

10 kuning telur

100 gr gula pasir

1 sdm susu bubuk

60 gr terigu

100 gr mentega + 1 sdm roombutter

Kismis, sukade, kurma

Bahan B:

10 putih telur

80 gr gula halus

80 gr mentega + 1 sdm roombutter

50 gr terigu

½ sdt cream of tar tar

Sedikit garam

Caranya:
A. 1. Kocok mentega dg sendok sampai lembut. Sisihkan

2.Telur, gula, kocok hingga putih. Masukkan susu. Aduk

3. Masukkan terigu sedikit, mentega , aduk rata.

4. Masukan ke dalam baking pan yang sudah beroles mentega dan

Terigu. Panggang.

B. 1. Kocok mentega sampai lembut. Sisihkan.

2. Putih telur, cream of tar tar dikocok  kaku, beri  sdkt garam

3. Masukkan sedikit-sedikit terigu, lalu mentega kocok, aduk rata.

4. Setelah adonan A ½ matang beri buah diatasnya.

5. lalu tutup dengan adonan B, panggang hingga ½ matang,

6. lalu beri kurma atau keju parut di atasnya. Panggang sd matang.

Catatan:

–         Bila memakai koktail, tiriskan benar-benar, lau potong kecil, beri sedikit tepung  begitu juga bila buah kering, biar ngga tenggelam.

–         Adonan B dibuat setelah 10 menit adonan A masuk dlm oven. Pastikan adonan A sudah matang, baru buah, adonan B dituang diatasnya, agar cantik.

PROL TAPE

Prol tape ini  enak banget, lebih enak lagi bila dikukus dulu baru dipanggang.

Bahan:

400 gr tape

11/2 gelas terigu

11/2 gelas gula

1 gelas santan kental

1 gelas ( 200 gr) mentega dilelehkan

5 butir telur

Garam, vanili

Caranya:

  1. Tape dibersihkan dari sumbunya, lumatkan, campur dg santan.
  2. Kocok telur dan gula sd naik mengembang, masukkan garam, vanili, tape, aduk rata.
  3. Masukkan mentega, aduk rata. Panggang sampai matang.

CAKE TAPE

Cake ini sederhana tapi enak, cocok bila sedang tanggung bulan..

Bahan:

4 butir telur

150 gr/4 sdm mentega

200 gr/1 gls gula pasir

35 gr/2 sdm susu bubuk

150 gr tape singkong, bersihkan, lumatkan

160 gr terigu

Caranya:

  1. Mentega, gula, dikocok sampai putih
  2. Masukkan telur satu per satu, kocok sampai ngembang
  3. Masukkan susu, tape, terigu, aduk rata. Panggang sd matang.

SOSIS SOLO

Bahan:

Kulit  : 250 gr terigu 2 gelas air 2 butir telur 3 siung bawang putih, haluskan 2 butir kemiri, haluskan Garam secukupnya

Isi sosis: 250 gr daging/ayam giling 3 siung bawang putih 2 butir kemiri 1 gelas santan 5 cm Laos, 2 lembar daun salam,  3 lembar daun jeruk Garam

Cara membuat:

Kulit       :

Haluskan bawang putih dan kemiri, lalu masukkan ke dalam kocokan telur, kocok lepas aja, lalu masukkan tepung terigu, dan air sedikit-sedikit sampai adonan licin, jangan lupa garamnya biar enak bo, secukupnya sesuai selera. Lalu panaskan teflon anti lengket, beri minyak sedikit, tuang adonan 1 sendok sayur ke dalamnya, ratakan, lalu tunggu sampai matang, tungkepkan di atas talenan yang dialas daun pisang atau plastik. Ulangi lagi sampai adonan habis. Sisihkan.

Isi : Tumis bawang putih dan kemiri yang telah dihaluskan, masukkan laos, daun salam, daun jeruk, aduk sampai wangi, baru masukkan daging gilingnya, aduk sampai berubah warna baru masukkan santan, garam, aduk rata, masak hingga kering.

Sosis Solo:

Siapkan lemnya, 5 sendok terigu tambah sedikit air, sampai seperti adonan pisang goreng.  Ambil selembar kulit, lalu beri 1 sendok makan isi, taruh di pinggir lalu dilipat seperti membuat lumpia beri lem terigu pinggirnya. Sisihkan. Ulangi sampai habis. Goreng hingga kecoklatan. Sajikan dengan cabe rawit atau sambal botolan,ehmmm sedappp.

 

5 Responses to “KUMPULAN RESEP MAMAH”

  1. adeinne Says:

    Resep sosisnya mama memang terkenal enak, terima kasih mama, mau lagi dong resep jadulnya…

  2. tarra suzanto Says:

    yang bener kl bkn kulitna pake terigu pa ga sih?????

  3. fiedha Says:

    kulit sosis solonya gak pake santan yah say?
    tetep gurih?
    aku coba resepnya yaahh..
    thx🙂


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s